SOCIAL MEDIA

Senin, 20 November 2017

Totole, Rahasia Disayang Suami dan Anak


Sebelum nikah, selama masih di Jogja saya jarang banget menginjakkan kaki ke dapur buat masak. Soalnya mama memang nggak bisa dan nggak suka masak. Jadi ya misalnya masak cuma yang gampang-gampang aja kayak bikin nasi goreng dan bikin sop sosis plus goreng tempe.

Karena hal itulah skill memasak saya sangat cetek. Nggak ngerti yang namanya daun salam, lengkuas, dan tetek bengek lainnya.

Rabu, 15 November 2017

Gangguan Oral Motor, Anemia Defisiensi Zat Besi, dan Speech Delay


Awalnya saya cuma ngerti kalau speech delay itu disebabkan  kurangnya stimulasi. Tapi belakangan, saya baru ngeh kalau sebetulnya ada penyebab lain yang bikin Mike mengalami speech delay.

Jadi, waktu Mike didiagnosa ada indikasi speech delay, Prof. Taryo juga mengamati bahwa berat badan Mike agak mepet batas bawah normal KMS. Memang waktu itu Mike umur 21 bulan beratnya cuma 10 kg.

Minggu, 12 November 2017

Tips Membersihkan Telinga Anak


Sejak punya anak, saya jadi banyak mempelajari skill baru. Maklum, soalnya sebelum nikah saya nggak pernah ikut momong anak saudara. Jadi, semuanya bener-bener saya pelajari setelah punya anak sendiri.

Skill itu antara lain skill menggendong bayi, memandikan bayi, menyendawakan bayi, menyuapi makan, sampai membersihkan kotoran. And thank God mama dan mama mertua bisa mendampingi saya merawat Mike di hari-hari pertama kehidupannya di dunia.

Rabu, 08 November 2017

Tolong Jangan Tanya Lagi Kapan Aku Hamil


Sejak sekolah kita selalu dihadapkan dengan pertanyaan dan pilihan. Yang udah duduk di bangku kelas 6 SD, pasti ditanya mau masuk ke SMP mana. Naik kelas 3 SMP, pasti ditanya mau masuk ke SMA mana. Menjelang kelulusan SMA, udah pasti ditanya mau kuliah di universitas mana, jurusan apa. 

Nah yang udah kuliah nih pasti tau banget rasanya kalau ditanya kapan lulus? Kalau yang nanya sesama temen sih mungkin masih bisa dijawab sekenanya ya, misalnya "lulus? bentar lagi kok" atau "lulus? kapan-kapan deh" hehehe.

Minggu, 05 November 2017

Speech Delay dan Terapi Wicara di rumah


Sejak Mike umur 3 bulan, saya dan Mike pindah ke Makassar ikut suami. Jadi sehari-hari saya dan Mike di rumah ya berdua aja. Kebetulan di komplek perumahan penghuninya juga nggak terlalu banyak. Jadi misal keluar rumah pun jarang ketemu anak kecil.

Karena di rumah nggak pakai ART, jadi waktu momong Mike saya sambi-sambi dengan masak dan bersih-bersih rumah. Apalagi dengan peran baru sebagai seorang ibu, saya pun masih dalam proses belajar bagaimana merawat bayi supaya tumbuh kembangnya baik.

Rabu, 01 November 2017

Hamil Alami Setelah Ikut Bayi Tabung, Mungkinkah?


Proses recovery dari operasi usus buntu dulu nggak terlalu lama ya.  Sekitar 4-5 hari opname di RS. Beberapa hari kemudian tinggal balik ke RS buat ganti perban, dan menggunting jahitan.

Special thanks to dokter Kuncoro karena jahitannya rapi jadi bekasnya cuma bentuk garis aja sepanjang 5 cm di bawah pusar.

Minggu, 29 Oktober 2017

Operasi Usus Buntu Saat Hamil 3 Bulan


Setelah 2 bulan full berada di Surabaya, bosan karena nggak bisa kemana-mana, akhirnya saat yang dinanti tiba. Seneng banget dong boleh langsung pulang ke Jogja dan membawa kabar gembira kehamilan anak pertama pada keluarga.

Rabu, 25 Oktober 2017

Fun Facts : Gara-gara Nonton Film Horor di Bioskop


Setelah seminggu lalu 2 kali bikin postingan yang agak berat, kali ini saya mau nulis yang ringan-ringan dulu aja deh.

Saya nggak mau ngebahas film Pengabdi Setan kok. Soalnya saya juga belum nonton dan nggak berminat untuk nonton (nggak ada waktu juga kali).

Minggu, 22 Oktober 2017

Proses Bayi Tabung di RS Siloam Surabaya


Sesuai janji saya, di artikel ini akan saya bahas proses lengkap bayi tabung di RS Siloam Surabaya, mulai dari penginapan, kos, makanan khusus buat ibu yang ikut bayi tabung, dan tahapan apa aja yang harus dilalui dalam mengikuti program bayi tabung beserta rincian biayanya.

Kamis, 19 Oktober 2017

Bayi Tabung : Sebuah Keputusan yang Tak Mudah


Program bayi tabung ini sebenarnya sudah saya ikuti tahun 2014 lalu. Tapi saat mengikuti program bahkan sampai tulisan ini dipublikasikan, saya tidak menceritakannya kepada siapa pun. Hanya keluarga dan teman dekat yang tahu soal ini.

Alasannya sederhana sih. Seandainya waktu ikut program saya udah koar-koar lalu programnya gagal, nyesek dong. Kalau misalnya berhasil pun, belum tentu semua orang akan menyikapi dengan positif.

Minggu, 15 Oktober 2017

Id Photobook : Cetak Foto Mudah, Hasil Mewah!


Momen yang paling membahagiakan adalah ketika kita bisa mengabadikan kebersamaan dengan orang-orang yang kita cintai. Salah satu cara mengabadikan momen tersebut adalah dengan foto. Makanya nggak heran kalau orang lagi pacaran, punya anak, atau merayakan sesuatu pasti akan langsung mengabadikannya lewat foto.

Seperti orang tua saya dulu yang punya album foto berisi foto-foto saya waktu kecil. Jadi tiap kali balik Jogja ada kenangan yang indah tiap kali liat album foto saya. Nggak heran ketika akhirnya saya punya anak, saya pun rajin mengabadikan momen pertumbuhan dan perkembangan mereka lewat foto. Bedanya kalau jaman orang tua saya dulu kan pakai kamera betulan dan langsung dicetak. Kalau sekarang saya lebih suka pakai kamera hp. 

Rabu, 11 Oktober 2017

M2M Goes to Tretes


Adakah yang sudah pernah dengar tentang Tretes? Betul, Tretes adalah daerah wisata pegunungan di kecamatan Prigen, kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Awalnya saya nggak ngerti loh Tretes itu daerah wisata. Astaga, kudet banget yah saya.

Ceritanya hari Sabtu lalu tiba-tiba suami ngajak saya dan anak-anak ngecek proyek (lagi) yang ada di Tretes. Saya cuma nanya Tretes itu dimana, berapa jam perjalanan dari Sidoarjo. Suami juga nggak jelasin daerah Tretes itu kayak gimana, atau mungkin dia juga nggak ngerti kalau Tretes itu daerah wisata. LOL.

Senin, 09 Oktober 2017

Ketika Ibu dan Anak Sakit


Hari Minggu lalu saya dan anak-anak ikut suami ngecek proyek yang ada di rest area jalan tol. Kami berangkat udah agak siang sekitar jam 10.30. Hari itu sama kayak hari-hari biasanya, panas menyengat karena hujan pun masih jarang datang. Sampai di lokasi kami langsung berteduh dan duduk-duduk sebentar di dekat minimarket sambil menunggu suami ngobrol dengan rekan kerjanya.

Rabu, 04 Oktober 2017

Kerja di Bali : Kerja atau Liburan?


Dulu setelah lulus kuliah saya masih suka bertualang. Mau cari kerja di Jogja tapi kok rasanya kurang menjanjikan. Apalagi waktu kuliah Apoteker dulu saya pinjam uang sama fakultas supaya bisa kuliah. Fakultas nggak kasih waktu jatuh tempo nya sih, tapi saya sebagai orang yang ngutang nggak enak juga kalau harus berlama-lama menanggung utang. Utang harus segera dibayar, jadi waktu itu saya butuh gaji yang agak lumayan. 

Minggu, 01 Oktober 2017

MAU POTONG RAMBUT MODEL PIXIE? INI YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN


Sebetulnya udah agak lama saya kepengen punya rambut model pixie. Mungkin sejak tahun 2015 ya karena waktu itu lihat ada temen yang tetep kece dan cantik dengan model rambut pixie. Dan saya pikir cocok banget nih buat emak-emak rempong macam saya ini, nggak perlu waktu banyak buat ngurus rambut.

Tapi tiap kali kepengen potong rambut, saya urungkan niat saya. Karena kepikiran nanti nggak lama pasti kepengen punya rambut panjang lagi, atau nanti pasti lama dan susah untuk dibikin style bob lagi. Jadi tiap kali gerah dan bosan sama model rambut cuma dipendekin aja tapi tetep style nya bob.

Senin, 25 September 2017

JALAN-JALAN KE KEBUN BINATANG


Sebetulnya awal bulan ini kami berencana pergi ke kebun binatang Surabaya. Tapi kok ya ada aja halangannya akhirnya nggak jadi-jadi. Kebetulan minggu ini ada di Jogja dan ponakan ternyata juga belum pernah ke Gembira Loka, jadi ya udah deh Sabtu kemarin saya, suami, kakak ipar dan anak-anak jalan-jalan di sana.

Saya udah lupa kapan terakhir kali ke kebun binatang Gembira Loka. Kalo nggak salah SD ya, itu pun udah lupa kayak gimana tampilannya saat itu. Jadi jalan-jalan kali ini saya sekalian nostalgia kenangan masa kecil.

Senin, 18 September 2017

POTONG RAMBUT DI YOAN SALON


Beberapa hari kemarin saya udah punya rencana pas di Jogja mau motongin rambut anak-anak. Selama di Sidoarjo saya biasanya motong sendiri, nggak pergi ke salon. Soalnya nggak tau salon yang ada mainan anaknya dimana dan kalo mau motongin rambut anak-anak di salon dewasa kan nggak ngerti kapsternya ramah apa nggak, saya juga nggak kenal, jadi rasanya nggak nyaman. 

Jumat, 15 September 2017

NAIK KERETA API TUT TUT TUT


Kemarin kami sekeluarga pergi berlibur ke Jogja, kampung halaman kami. Sebenernya bukan berlibur deng, ada sahabat yang mau nikah, jadi kami bela-belain dateng. Lagian saya juga udah kangen sama Jogja, kangen sama makanan-makanan yang enak pastinya, hahaha. 

14 TAHUN BERSAMA


Kemarin, 14 tahun lalu, saya dan dia (baca: suami) memutuskan untuk berpacaran. Sebelum menikah, kami pacaran kurang lebih 10 tahun. Banyak temen yang bilang, "hebat banget sih bisa setia gitu, apa nggak bosen dan jenuh?" Atau ada juga yang nanya, "itu pacaran atau mau KPR rumah?" Hahaha.

Rabu, 13 September 2017

BELANJA IMPULSIF


Pernah denger tentang belanja impulsif? Belanja impulsif adalah perilaku belanja tanpa perencanaan, disertai dengan dorongan kuat untuk membeli sesuatu yang sulit ditahan. Urusan belanja ini identik dengan kita-kita kaum perempuan yang suka kalap belanja ya, apalagi kalo liat tas, baju, atau sepatu diskon atau promo buy 1 get 1 free, hehe. 

Selasa, 12 September 2017

TAMPIL MENARIK DI DEPAN SUAMI


Setiap perempuan pasti pengen tampil menarik di depan suami nya. Iya, saya juga gitu kok. Meskipun ibu rumah tangga tapi tetep harus bisa nyenengin suami dari sisi penampilan. Tapi tampil menarik di depan suami itu harus gimana sih? Apa harus pake make up, atau tanpa make up?

Senin, 11 September 2017

I'M PROUD TO BE PLEGMATIS-SANGUIN


Pernah nggak sih temen2 merasa minder, 
"kok aku ga suka ngumpul sama temen2 ya, aku lebih suka sendiri, ga kayak dia"
"kok aku ga bisa rapi ya, kamar aja berantakan kayak gini"

Iya dulu saya juga sering minder, kok saya nih ga bisa seperti orang lain. Orang lain kelihatan lebih hebat. Padahal orang yang menurut kita hebat pun pasti punya kelemahan kan ya.

Kamis, 07 September 2017

MY HAIR MY RULE


Temen-temen pernah bosan dengan model rambut yang itu-itu aja? Pengen potong rambut tapi kok enggak pede ya? Atau, pengen ganti model rambut tapi takut suami enggak suka? Terus harus gimana dong? Jadi galau kan ya. Iya saya dulu juga sering kok mengalami kayak gini. Jadi, kali ini saya akan berbagi tips tentang potong rambut.

Kamis, 31 Agustus 2017

MIKE'S TOILET TRAINING


Sejak Mike umur 1,5 tahun saya niatkan hati saya buat melatih Mike pipis di toilet. Waktu itu Mike masih belum lancar ngomongnya, jadi belum bisa ngomong 'pipis'.

Dia mungkin juga belum ngerti pipis itu apa. Dalam sehari  berulang kali saya kasi tau, "Mike klo pipis di toilet ya, jangan di celana." Frekuensi minum air putih juga saya tingkatkan, demi mengamati kira2 berapa menit setelah minum keluar pipis nya. Waktu itu saya praktekin selama seminggu, dan saya lelah. 😅


SIDIK JARI MENUNJUKKAN BAKAT (PART 2)


Seperti yang sudah saya bahas di postingan sebelumnya, bahwa buat saya tes sidik jari ini cocok banget dengan karakter saya. Kali ini saya akan bahas bagaimana hasil sidik jari anak-anak saya. 

Rabu, 16 Agustus 2017

SIDIK JARI MENUNJUKKAN BAKAT (PART 1)




Temen-temen sudah pernah denger tentang tes sidik jari? Klo belum pernah temen-temen bisa googling ya, tapi saya akan jelaskan sedikit disini. Jadi tes ini dilakukan dengan cara memindai 10 sidik jari tangan kita. 

Lalu fungsi nya buat apa? Intinya lewat pemindaian sidik jari kita bisa tau bakat, kemampuan dasar, sifat-sifat dasar seseorang, dll.