SOCIAL MEDIA

Kamis, 31 Agustus 2017

MIKE'S TOILET TRAINING


Sejak Mike umur 1,5 tahun saya niatkan hati saya buat melatih Mike pipis di toilet. Waktu itu Mike masih belum lancar ngomongnya, jadi belum bisa ngomong 'pipis'.

Dia mungkin juga belum ngerti pipis itu apa. Dalam sehari  berulang kali saya kasi tau, "Mike klo pipis di toilet ya, jangan di celana." Frekuensi minum air putih juga saya tingkatkan, demi mengamati kira2 berapa menit setelah minum keluar pipis nya. Waktu itu saya praktekin selama seminggu, dan saya lelah. 😅



Pipisnya jadi keseringan karena frekuensi minumnya meningkat. Lantai berceceran pipis, sedangkan saya juga sambil masak, dll. Saya pikir ini anak belum siap, jadi saaya stop dulu. Nanti aja deh kalo udah agak gedean, udah bisa ngomong dan ngerti kalo diajak omong.


Tapi ada orang yang bilang harus udah dimulai dari sekarang, harus dilatih pas masih kecil. Iya gpp, tapi saya tetep pada pendirian saya bahwa ini anak belum siap. Klo mama nya telaten sih gpp, mungkin bisa ya. Tapi waktu itu kapasitas saya belum mampu. 😄


Lalu saat Mike masuk usia 2 taun, dia akhirnya sudah bisa ngomong, "mami", "pipis", dll. Saya niatkan kembali hati saya buat melatih Mike pipis. Kali ini saya yakin Mike sudah jauh lebih ngerti dan lebih mudah dilatih.


Kali ini saya ga ngoyo, ga nambah frekuensi minum, ga mengamati pipis nya berapa menit setelah minum. Pokoknya cuma saya kasi tau aja berulang2, "Mike udah besar, pipisnya di toilet ya, ga di celana."


Mike rutin saya bawa ke toilet tiap 1 jam. Tiap kali berhasil pipis di toilet saya kasi pujian, "wah Mike pinter ya, bisa pipis di toilet 👍🏻👏🏻😍."

Akhirnya dalam waktu 1-2 bulan Mike udah lancar pipis di toilet. Seneng banget rasanya kaya lulus ujian naik kelas. 😄

Setelah lulus pipis di toilet, berikutnya latihan pas tidur siang ga pake pampers. Kali ini lebih cepet, sekitar semingguan masih kadang ngompol, minggu berikutnya udah pinter bisa tidur siang ga pake pampers. Kalo mau pipis ya bangun tidur minta pipis tapi abis itu ga mau tidur lagi. 😄


Tapi klo malem masih pake pampers ya, mami belum siap nglatih klo malem karena Matt juga masih sering bangun tengah malem.


Mami jadi gatel pengen naik kelas lagi. Akhirnya Mike dilatih pup di toilet. Pas liat2 Instagram ada yang jual dudukan kloset gambar Spiderman. Karena waktu itu Mike lagi suka Spiderman jadi belilah biar anaknya semangat latihan pup di toilet.


Mike mungkin masih belum ngerti ya klo pup itu harus di kloset dan mungkin masih belum bisa ngrasain oh ini namanya kebelet, kebelet artinya pup nya mau keluar, klo udah keluar berarti harus ke toilet dan duduk di kloset. Jadi tiap kali muka nya udah keliatan ngeden dan diajak ke toulet dia males-malesan. Biasanya udah keluar di celana.


Awal2 pas udah bisa bilang "pup" pun pas diajak ke toilet dan duduk di kloset tetep ga keluar pup nya. Selang beberapa menit keluar dari toilet baru keluar deh pup nya di celana. 😅


Kurang lebih 1 bulan prosesnya akhirnya Mike bisa juga pup di toilet meskipun sesekali kelepasan pup di celana. Sama kayak waktu nglatih pipis, tiap kali bisa pup di toilet kasih pujian, "wah Mike pinter ya udah bisa pup di kloset 😍👍🏻👏🏻."


Lega deh akhirnya, ga cuma anaknya yg naik kelas tapi mami nya juga berasa ikutan naik kelas. Tinggal sisa 1 latihan lagi yaitu tidur malem ga pake pampers yang semoga akan segera terlaksana.


Jadi buat temen2 yang anaknya mau latihan toilet training, menurut saya ini yg perlu diperhatikan:

- Anak dan ibu sama2 siap, kalo salah 1 aja yg siap butuh proses lebih lama. Kalo telaten ya gpp, silakan.
- Kasih pujian tiap kali berhasil. Anak jadi ngerti, oh berarti memang tempatnya disini ya klo mau pup dan pipis.
- Nikmati prosesnya. Dibawa seneng aja, ga usah marah2 klo pas kelepasan pipis atau pup di celana, jadi anak juga ga tertekan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar