SOCIAL MEDIA

Minggu, 01 Oktober 2017

MAU POTONG RAMBUT MODEL PIXIE? INI YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN


Sebetulnya udah agak lama saya kepengen punya rambut model pixie. Mungkin sejak tahun 2015 ya karena waktu itu lihat ada temen yang tetep kece dan cantik dengan model rambut pixie. Dan saya pikir cocok banget nih buat emak-emak rempong macam saya ini, nggak perlu waktu banyak buat ngurus rambut.

Tapi tiap kali kepengen potong rambut, saya urungkan niat saya. Karena kepikiran nanti nggak lama pasti kepengen punya rambut panjang lagi, atau nanti pasti lama dan susah untuk dibikin style bob lagi. Jadi tiap kali gerah dan bosan sama model rambut cuma dipendekin aja tapi tetep style nya bob.

Baca: My Hair My Rule

Tahun lalu, pas buka Instagram nggak sengaja lihat ada foto cewek dengan rambut pixie yang kece banget. Duh, jadi kepengen ganti model rambut. Dari situlah saya mulai hunting model rambut pixie di Instagram dengan keyword #pixiecut. Tapi ya cuma sekedar simpan foto-foto modelnya aja, terus membayangkan model mana yang cocok buat saya. Belum niat untuk eksekusi. Sampai akhirnya saya lupa dan nggak jadi ganti model rambut soalnya desember tahun lalu adik ipar nikah, jadi bertahan dengan bob style biar rambutnya bisa di styling.

Tahun ini, pas buka-buka Instagram kok ketemu model rambut pixie lagi. Akhirnya ngumpulin foto-foto model banyaaak banget, lalu bingung kira-kira cocok sama model yang mana. Pede banget ya udah bayangin mau potong rambut model pixie, padahal dikasih ijin suami juga belum. Setelah berpikir berbulan-bulan akhirnya memberanikan diri bilang sama suami sambil nunjukin foto model rambut yang saya mau. Udah takut duluan bakal dimarahin, tapi ternyata dia cuma ketawa dan bilang kalo saya jelek dipotong kayak gitu. Jadi dia nggak dengan jelas melarang. Oke, saya jadi makin mantap buat potong rambut. 

Nah yang ini progress pertumbuhan rambut saya selama 3 bulan. Lumayan cepat juga ya tumbuhnya. 


Sejak potong rambut bulan Mei saya baru sekali potong rambut yaitu pas mudik Jogja pertengahan September lalu. Karena mau dipanjangin lagi jadi yang dipotong cuma bagian bawahnya aja. Ini penampakan bulan September setelah dipotong bagian bawahnya aja.


Pengalaman punya rambut pixie itu sebenernya seru loh. Ada kelebihan dan kekurangannya juga. So buat sebelum temen-temen memilih model rambut pixie, ini beberapa hal yang harus dipertimbangkan dan dilakukan:

1. Nggak usah hiraukan bentuk wajah
Kebanyakan para hairstylist akan menyarankan model rambut sesuai dengan bentuk wajah kita. Misalnya untuk wajah bulat, rambut pixie yang cocok adalah menggunakan poni samping agak panjang sehingga bisa menyamarkan bentuk wajah. Ini ada benarnya, supaya kita tetap terlihat menarik. Tapi kalo kita nggak sreg dengan yang disarankan hairstylist ya jangan nurut. Kalo saya pribadi, yang penting yakin aja dengan pilihan kita. Ketika kita nyaman dengan pilihan kita, orang lain bilang kita terlihat jelek atau apalah ya nggak mempan. Kita akan tampil dengan percaya diri dan tetap terlihat menarik.

2. Pilih model rambut pixie yang diinginkan
Ini penting ya, sebelum memutuskan mau ganti model rambut pixie, kita harus pilih model pixie nya seperti apa karena banyaaak banget model pixie di luar sana. Ada yang modelnya kayak Yuni Shara, Kamidia Radisti, Agnes Monica, Nirina Zubir, Indy Barends, dll. Cari sebanyak-banyak referensi model rambut pixie di Instagram atau Pinterest, lalu tentukan pilihan sesuai yang kita suka. Jadi kita dateng ke salon bawa fotonya dan tunjukkan ke hairstylistnya kita mau model seperti di foto. Kira-kira lebih gampang mana, kita dateng ke salon trus bilang mau potong model pixie yang kayak gini, bla bla bla, atau kita cukup tunjukin foto aja? Kalo kita nggak bawa foto, apa yang dibayangkan hairstylist dan apa yang kita mau belum tentu sama kan.

Nah, setelah mempertimbangkan hal-hal di atas, berikut ini juga perlu dipertimbangkan sebelum kita memutuskan untuk potong rambut.

Kelebihan rambut pixie:
1. Tampil stylish
Kenapa saya pilih model rambut pixie? Karena di Indonesia ini masih anti mainstream, nggak umum. Kebanyakan cewek-cewek berambut panjang atau minimal bob style sebahu. Jadi pixie membuat saya tampil beda dan terlihat keren. Tapi di mata orang kadang pixie identik dengan tomboy. Belum tentu. Orang memilih model rambut pixie bisa karena efisien, style, atau yang lain.

2. Hemat waktu, hemat sampo
Ya iyalah, rambut cuma seiprit, habis keramas juga kering sendiri, nggak perlu pake hair dryer. Yang tadinya kalo keramas pake sampo 1 sendok makan, sekarang cukup 1 sendok teh aja. Soal efisiensi ini cocok banget buat ibu-ibu yang punya anak dan nggak sempat merawat rambutnya. Boro-boro ngeringin rambut, dandan aja kadang nggak sempat ya.

3. Tahu seberapa cepat rambut tumbuh
Kalo rambutnya pendek, kita jadi lebih gampang mengukur seberapa cepat rambut kita tumbuh setiap bulan nya. Kalo pas berambut panjang kadang nggak terlalu keliatan kan progress pertumbuhannya. 

4. Tampak lebih muda
Nggak bisa dipungkiri bahwa rambut panjang itu membuat kita terlihat lebih tua. Coba kalo kita potong rambut yang semula panjang sepunggung jadi sebahu, akan terlihat lebih fresh dan nampak lebih muda bukan? Cewek mana coba yang nggak seneng terlihat awet muda.


Di samping kelebihan-kelebihan di atas, model rambut pixie ada kekurangannya juga:
1. Harus rutin pergi ke salon
Rambut pixie itu yang kelihatan menonjol adalah bentuknya. Nah, kecepatan pertumbuhan rambut tiap orang beda-beda ya, ada yang 0,5cm sebulan, ada yang 1cm sebulan. Biasanya antara 2-3 bulan bentuk rambut pixie udah nggak seperti pertama kali potong rambut karena bentuknya udah beda. Jadi kalo mau mempertahankan style rambut pixie harus rajin nyalon antara 2-3 bulan sekali. 

2. Rajin styling
Nggak cuma cowok yang pakai gel rambut atau wax. Cewek yang berambut pixie pun perlu biar rambut pixie nya terlihat kece. Kalo punya banyak waktu untuk styling dan memang aktivitas ketemu orang di luar rumah itu tinggi, harus rajin styling dengan gel rambut atau wax biar rambut tetep oke. Tapi kalo kayak saya yang sehari-hari di rumah, styling tiap hari buat apa? Nggak ada yang mau lihat juga. Jadi rambut saya sehari-hari sekarang modelnya memang nggak sekece pas di styling di salon.

Nah demikian pengalaman saya ya temen-temen. Semoga yang saya sebutkan di atas bisa jadi bahan pertimbangan temen-temen sebelum memutuskan untuk potong rambut model pixie. 
















40 komentar :

  1. Wah..aku pengen sih model rambut gini..tapi gak di ijin suami..he2.

    Padahal kan buat dirumah aja..keluar kerudungan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, iya sih mba, kayak suamiku juga abis aku potong gini suatu saat dia bilang abis ini jangan potong kayak gini lagi. Potong biasa aja biar tetep tampil menarik di depan suami. Jadi model rambut pixie ini memang ga semua suami suka ya, dirasa ga menarik hehe.

      Hapus
  2. Aku pingin potpng rambut pendek kayak gitu, tp gk boleh sama suami. Heuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba, aku juga awalnya ga jelas2 dibolehin. Abis potong kayak gini trus diwanti-wanti sama suami ga boleh potong kayak gini lagi, hiks. Padahal gerah bangett

      Hapus
  3. Waah lebih fresh ya Mba,
    Aku pernah potong rambut model ini, tapi di protes anak hahhaaa, tambah kaya cowok pula katanya.
    Padahal enak banget, simple, irit sampo pula

    Salam kenal ya Mba Inge

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mba, trims yaa udah mampir 😊
      Oyaa? Yang sewot malah anaknya? Hahaha
      Bener, enak banget model ini, apalagi aku ga tahan gerah orangnya

      Hapus
  4. Aku dulu sering banget potong rambut sependek ini kak. Tapi semakin ke sini, semakin ga pede nih rambut pendek.. Mau potong rambut lagi tapi takut ga cocok, duh >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe..kenapa ga pede mba? Model kayak gini bikin fresh. Aku juga sebetulnya punya wajah bulat, pipi tumpah kemana2, tapi nekat aja, soalnya biar ga gerah dan ga ribet urus anak hehe

      Hapus
  5. Aku pengen banget rambut pendek gini. Eh baru tahu namanya pixie. Enak, segar. Enggak pusing buat yang berhijab kayak aku. Tapi kaya Mbak Nurul, suami enggak ngebolehin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh banyak yaa yg suami nya ga setuju. Termasuk suamiku sebenernya, untungnya kemaren diijinin tapi abis ini ga boleh lagi. Makanya kadang aku iri sama istri2 yang suaminya membiarkan istrinya bebas berekspresi dalam gaya rambut

      Hapus
  6. Imuuuut ... Jadi kayak abg lho mba. Ntar kalo jalan bisa2 dipanggil adek lho sama anak kuliahan. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha..trims mba..mukanya mungkin imut2 ya, tapi kalo udah liat lengan n perut, beghh body emak2 banget dah 😄

      Hapus
  7. Rambutku juga skarang model gitu, mba. Taoi nggak tahu kalau namanya model pixie. Hahaha. Aku senang karena praktis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah toss mba, enak yaa seger dan efisien 😁

      Hapus
  8. fresh gitu ya mbak, rambutku pun model gitu, alasannya karena rambutku rontok walhasil potong pendek. cuma sekarang udah agak panjang n mau potong lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mba seger, kemaren rambutku juga sempet rontok mba. Salah 1 alasan potong model gini selain karena gerah ya karena rontok hehe.
      Iya jadi lumayan sering nyalon ya

      Hapus
  9. Kalau rambut pendek lebih fresh... karena saya lebih cocok rambut pendek

    BalasHapus
  10. Kalau rambut pendek lebih fresh... karena saya lebih cocok rambut pendek

    BalasHapus
  11. Saya pengen potong rambut model gituuuuu.. tapi karena jenis rambut saya emang tebal banget, jadinya gak bisa rapi deh :( Yang ada malah gede mengembang gitu hahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohh, kalo rambutnya banyak dibikin model pixie tp yg ada volume nya mba di bagian belakang..ntar pasti keliatan cute 😁

      Hapus
  12. Jiaaah dah lamaaa banget aku ga pernah potong spt ini. Dulu jaman kuliah pernah mba. Btw Salam kenal ya, aku baru kali ini main ke blog mba Inge

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe..kapan2 boleh dicoba bikin style kayak gini lagi mba 😁
      Iya mba salam kenal juga ya, trims udah mampir, saya masih newbie nih

      Hapus
  13. Tampak lebih muda. Ini yang paling kusuka hahaha.
    Pernah nih aku potong rambut model gini , tapi diprotes suami. Padahal aku merasa fresh dengan model rambut pendek. So, beberapa saat belum potong rambut lagi :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa perempuan mana yg ga suka tampak lebih mudah ya mba, hehe
      Kayaknya suami2 perlu diberi kuliah biar ngedukung istri bebas berekspresi ya mba 😄

      Hapus
  14. Pas banget saya mau potong rambut juga. Iya emak2 nih suka repot kalau rambutnya panjang, apalagi yg punya balita dan berhijab (itu aku haha, maaf curcol). Tengkyu rekomendasi gaya potongan rambutnya mabk :D

    BalasHapus
  15. Aku baru tau kalo jenis potongan rambut pendek begini namanya pixie. Hadeuh, kemana aja eikeh? ^_^

    Dulu banget, sehabis melahirkan, pernah punya potongan seperti ini beberapa kali berturut-turut, tapi entah sebab apa, hingga kini aku beralih ke shaggy cut.

    Padahal pixie gini juga cakep ya, bikin wajah fresh dan terlihat awet muda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iyaa mba kapan2 dicoba lagi style kayak gini biar lebih fresh 😁
      Salam kenal ya mba, trims sudah mampir 😊🙏🏻

      Hapus
  16. iya bener. Hemat shampoo dan cepat kering. Ga repot ngurus rambut.

    BalasHapus
  17. salam kenal mba, dulu saya sempat pixie cut... tapi tetep ngga hemat shampoo karena kota saya gerah nya ampun-ampunan dan teteup boros catokan karena kalo ngga dicatok rambut saya bentuknya mirip bunga kaktus yang merekah alias mencelat kemana mana hehehe tapi melihat foto rambut mba, wah kece badai! jadi pengen potong rambut lagi... *siapin catokan*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mba 😁
      Oyaa? Tiap hari keramas ya, padahal malah bikin kering kalo keramas tiap hari.
      Hayuk lah, babat abis lagi rambutnya

      Hapus
  18. Saya selalu suka Postingan pixie, tapi ga bisa potong begitu karena rambut saya keriting Ce😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oyaa? keriting ikal atau keriting kecil? Keriting ikal kan seksi mba kayak hale berry 😁

      Hapus
    2. Atau dilurusin dulu mba rambutnya 😁

      Hapus
  19. Aku sih sbnrnya pgn banget punya rambut pendek gitu mba. Tapiiiiii, kayaknya kalo rambutnya keriting kayak aku ga cocok deh :p. Ini lbh bgs kalo rambutnya lurus ato minimal ikal halus yg ga banyak gelombang :D. Jadi cm angan2 saja punya rambut model begini kalo aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iyaa sih mba, dilurusin dulu deh kalo gitu 😁 Tp kalo pede ya gpp mba, banyak lho di instagram yg kece dengan rambut pixie keriting

      Hapus
  20. Rambutnya pas bulan Agustus bagus banget Mbaaaa <3

    BalasHapus