SOCIAL MEDIA

Rabu, 15 November 2017

Gangguan Oral Motor, Anemia Defisiensi Zat Besi, dan Speech Delay


Awalnya saya cuma ngerti kalau speech delay itu disebabkan  kurangnya stimulasi. Tapi belakangan, saya baru ngeh kalau sebetulnya ada penyebab lain yang bikin Mike mengalami speech delay.

Jadi, waktu Mike didiagnosa ada indikasi speech delay, Prof. Taryo juga mengamati bahwa berat badan Mike agak mepet batas bawah normal KMS. Memang waktu itu Mike umur 21 bulan beratnya cuma 10 kg.

Lantas, Prof. Taryo menginstruksikan Mike untuk cek darah karena beliau mencurigai Mike mengalami anemia defisiensi zat besi. Tanpa pikir panjang, kami langsung ke lab dan cek darah.

Hasilnya ternyata memang benar. Mike mengalami anemia defisiensi zat besi.

Apakah itu?

Anemia defisiensi zat besi adalah kondisi kekurangan zat besi yang menyebabkan penurunan jumlah sel darah merah.

Untuk mengatasinya, Prof. Taryo meresepkan Ferriz Drop yang diminum tiap pagi, sekali minum 0,8 ml. Yang bentuk drop (tetes) ini untuk usia di bawah 2 tahun ya. Selain itu, tips dari Prof. Taryo untuk menaikkan berat badannya adalah dengan memberinya makan 4x sehari. Sedikit-sedikit nggak apa, yang penting sering.


Lalu sebelum makan besar jangan diberi susu atau cemilan karena anak jadi kekenyangan dan malas makan nasi. 

Dulu, Mike memang susah sekali makan. Sebetulnya dia suka mencoba makanan baru. Tapi porsi makannya sangat sedikit. Dia juga nggak gemar minum susu, sehari maksimal cuma 200 ml. 100 ml pagi hari, 100 ml malam hari.

Kalau saya buatkan susu tapi dia nggak minta, biasanya dia males-malesan minumnya. Saya jadi bingung karena rata-rata anak doyan minum susu.

Sejak Mike umur 1 tahun sebenernya dia udah bisa makan nasi dengan lancar. Sayur pun dia bisa makan. Dia cuma nggak bisa makan daging ayam dan sapi. Tiap kali makan daging pasti dilepeh. Jadi sumber proteinnya waktu itu cuma telur, ikan, tahu, tempe.

Waktu konsultasi di klinik tumbuh kembang, saya bilang Mike susah makannya dan suka melepeh kalau makan daging. Pihak klinik nggak menjelaskan sih kalau itu adalah salah satu ciri gangguan oral motor.

Terapisnya cuma bilang dengan terapi pijat nanti Mike bisa terstimulasi kemampuan bicaranya dan bisa lahap juga makannya. Jadi, mungkin aja yang dialami Mike ini termasuk gangguan oral motor ringan karena dia cuma nggak bisa makan daging.


Gangguan oral motor itu apa sih?

Gangguan oral motor adalah gangguan proses makan di dalam mulut, di mana anak kesulitan mengunyah dan menelan makanan bertekstur kasar.

Berdasarkan American Speech Language Association, ciri-ciri gangguan oral motor antara lain :
- menolak makanan masuk ke mulut
- makannya lama, bisa lebih dari 30 menit
- kesulitan mengunyah
- melepeh makanan
- batuk atau tersedak selama makan, dll

Gangguan oral motor antara anak yang satu dengan yang lain pun bisa berbeda. Ada yang nggak bisa makan nasi sampai usia 2 tahun. Ada yang nggak bisa makan sayur, daging, telur.

Penyebabnya juga bisa beberapa macam :
- berat bayi lahir rendah atau bayi lahir prematur
- autis
- hipersensitif saluran pencernaan, dll

Artikel lengkapnya bisa dibaca di sini.

Gangguan oral motor ini menyebabkan otot rahang dan lidah Mike nggak berkoordinasi dengan sempurna. Kondisi ini menyebabkan Mike nggak bisa mengunyah daging. Padahal daging adalah sumber zat besi. Karena dia nggak makan daging sama sekali, maka dia mengalami anemia defisiensi zat besi.

Koordinasi otot rahang dan lidah yang nggak sempurna juga menyebabkan Mike nggak bisa mengeluarkan suara yang membentuk suatu kata. Jadi, selain nggak bisa mengunyah daging, dia jadi terlambat bicara.

Udah ngerti kan ya hubungannya?

Nah, terapi wicara yang dijalani Mike ini berfungsi ganda, melatih otot rahang dan lidah supaya Mike bisa bicara dan bisa mengunyah daging dengan baik juga.

Tutorial pijat untuk terapi wicara di rumah silakan baca di postingan sebelumnya ya.


Puji syukur saat ini Mike udah better bisa makan daging, nggak dilepeh lagi.

Tapi saya tetep kasih suplemen zat besinya sampai sekarang. Kalau di atas 2 tahun minumnya yang Ferriz Sirup, bukan yang drop lagi. Minumnya juga tiap pagi, sekali minum 2,5 ml atau setengah sendok takar. Biasanya saya beli di Apotek Kimia Farma atau K24.


Karena Mike nggak terlalu gemar minum susu, jadi sekarang biasanya saya belikan biskuit atau roti buat cemilan siang dan sore hari. Oya, susunya dia minum susu Ultra Mimi rasa coklat ya karena udah gonta-ganti susu formula nggak suka semua.

Makan nasinya tetep 4x sehari. Walaupun Mike nggak gemuk, tapi dia udah jauh lebih baik dibanding dulu. Nafsu makannya juga lumayan walaupun sekali makan nggak bisa banyak. Berat badannya juga masih masuk dalam range normal.


Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan :

1. Segera konsultasi ke dokter

Ciri-ciri gangguan oral motor ini kan memang bermacam-macam ya. Jadi kalau anak-anak belum bisa makan nasi saat umur 1 tahun, suka melepeh makanan tertentu, atau terlambat bicara, segera konsultasi ke dokter aja supaya tahu apakah penyebabnya memang gangguan oral motor atau bukan dan bisa segera dicari solusinya.

2. Susah makan nggak identik dengan berat badan rendah

Anak yang susah mengunyah/menelan belum tentu berat badannya rendah. Karena sebagian besar anak yang nggak mau makan akhirnya minum susu sebagai pengganti makan, sehingga berat badannya tetep normal. Kadang banyak ortu memaklumi hal ini, toh berat badannya oke-oke aja, sehat, dan lincah. Jadi mereka merasa anaknya baik-baik aja.

Padahal kalau susunya dihentikan, anak tetep aja nggak mau makan, karena penyebabnya bukan kenyang susu tapi mungkin si anak memang kesulitan mengunyah / menelan.

3. Terapi wicara di rumah

Buat yang udah lihat tutorial sikat gigi dan pijat di postingan sebelumnya, mungkin ada yang nanya kok Mike bisa nurut dan nggak berontak. Sekarang memang nurut, tapi dulu pas awal-awal dia juga nangis-nangis dan berontak kok.

Tips yang biasa saya lakukan, Mike saya tidurkan di kasur. Lalu saya setengah duduk di atas badan Mike, tangan dan kaki nya saya jepit pakai kaki saya jadi dia nggak bisa gerak.

Keliatan serem ya? Tapi ini demi dia, jadi harus tega. Mau nangis kayak apa biarin aja. Sambil saya bilang, ini biar Mike tambah pinter loh. Lama-lama dia ngerti dan nurut juga kok.


Pokoknya apapun yang bisa kita lakukan, lakukan yang terbaik buat anak-anak yahh. ❤


22 komentar :

  1. Wah, semangat Mba. Saya juga punya keponakan yang speech delay. Baru bisa lancar bicara di usia 6 tahun. Awalnya di sekolah temennya dikit banget karena ngomongnya masih ga jelas. Tapi anaknya pinter banget. Jenius malah. Di antara temen-temennya selalu menonjol dalam tiap mata pelajaran. Setelah rutin terapi, Puji Tuhan bicaranya sudah lancar. Dan katanya anak yang telat bicara memang cenderung punya otak yang jenius :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oya kah mba? Wahh syukur ya akhirnya udah bisa ngomong
      Amin amin kalo jenius hehe
      Semoga Mike bisa segera nyusul yaa

      Hapus
  2. Terus semangaat yaa mbak, anak saya yang bungsu juga konsumsi ferriz nih waktu 6 bulan sampai hampir 1 tahun karena kekurangan zat besi soalnya dia full ASI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oo iya anak asi biasanya kurang zat besi ya mba
      Amin amin semangatt mba, thank you yaa

      Hapus
  3. anak saya kekurangan zat besi, makasih artikelnya membantu banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sipp, konsul ke dokter ya mba supaya bisa dipantau lebih lanjut

      Hapus
  4. Ternyata anak-anak juga banyak yang kekurangan zat besi ya, nggak cuma orang dewasa aja. Tentang oral motor aku juga baru tau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kdg kita ga tau. Nampaknya lincah dan sehat2 aja tp ternyata kurang zat besi

      Hapus
  5. Makasih sharingnya mbak. Saya jadi nambah pengetahuan soal tumbuh kembang anak.
    Anak kedua saya bdannya juga mungil dn diusianya 15 bulan belum bisa bicara. Memang lebih dulu bisa jalan. Saya khawatir kalau dia ternyata mengalami anemia dn terlambat bicara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minimal 15 bulan udah bisa ngomong 3-6 kata mba. Dipantau aja. Kalo sampe 18 bulan masih belum bisa ngomong satu kata berarti coba konsul ke dokter aja

      Hapus
  6. Anakku sampe 4 tahun kadang masih melepeh daging mbak, apa karena itu ya dia agak cedal ngomongnya. KOsakata udah banyak sih cuma beberapa huruf seperti r belum tereja semua. Semoga Mike segera lancar ngomongnya ya nak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oo, kalo itu kurang tau sih mba hehe
      Huruf r kadang memang agak susah dilafalkan ya buat anak2
      Amin2 makasi ya mba

      Hapus
  7. Oh, jadi kalo anak2 ngelepeh daging atau makanan berstektur kadar ada baiknya diwaspadai sebagai indikasi gangguan oral motor ya, Mba. Bukan karena si anak ga suka menunya, tp krn gangguan ketidakmampuannya dalam mengunyah makanan...,
    I see.

    Ayo, Mba, semangat! Insyaallah Mike akan bertumbuh kembang seperti anak-anak sehat lainnya nanti. Semoga ntar lagi akan lancar bicaranya ya, Mike sayang!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul sekali mba al
      Amin amin trims yaa doanya ๐Ÿ˜Š๐Ÿ™๐Ÿป

      Hapus
  8. Mbak, makasih infonya. Jadi makin paham dengan Gangguan oral motor dan dampak panjang lainnya. Semangat yaa terapinya.

    BalasHapus
  9. Nha ini PR buat anak keduaku yg susah makan. Sempat kena ADDB jg sih mbak. Tapi kalau nyemil2 dan susu mau. Jd krn terbantu itu mungkin jd tumbangnya membaik. Semoga Mike jg makin bagus tumbangnya ya mbak. Semnagat! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hedeh banyak banget typo komennya sorry mbak :(

      Hapus
    2. Oya? Iya kalo doyan susu masih mending ya, BB nya terbantu. Mike juga sukanya ngemil hehe
      Amin amin makasi yaa mba

      Hapus
  10. Kekurangan zat besi pun ternyata bisa kena speech delay ya mbak? Nutrisi lengkap buat anak emang penting banget ya.

    BalasHapus
  11. Makasih ya mba, artikelnya membantu nih, apalagi yg dosis zat besinya. Kebetulan anak saya usia 18 bulan.

    BalasHapus
  12. Terimakasih sharingnya mba..ank saya sudah 27 bln blm bisa bicara ,rencana minggu depan mau konsul ke dr tumbang dijokja,semoga lancar...

    BalasHapus